DIKLAT BUSINESS CONTINUITY PLAN (BCP)

Kategori : Berita CU

Pada tanggal 28-29 Nov 2023, diselenggarakan  Diklat Business Continuity Plan (BCP) oleh Puskopcuina, bertempat di aula Friedrich Wilhelm Raiffeisen. Kegiatan pelatihan ini sebagai rangkaian dari peresmian gedung baru dan HUT ke-35  Puskopcuina yang diselenggarakan pada tanggal 27 November 2023.

Kegiatan ini difasilitasi langsung oleh CEO  Association of Asia Confederation Credit Union (ACCU) Mrs. Elenita V. San Roque  dan Mr. Ranjith Hettiarachchi selaku CTO ACCU. Diikuti oleh 97 orang peserta dari 35 CU Primer dan Puskopcuina. Koperasi CU Betang Asi menugaskan Ketua dan Bendahara Pengurus, Ketua Pengawas, GM dan semua Deputi GM sebagai peserta diklat BCP. 

BCP sendiri merupakan CU Business Solution No.29 dikeluarkan oleh ACCU. Mrs. Leni dan Mrs. Ranjith mengajak peserta untuk mengasah keterampilan dalam penganalisa dan memprediksi dampak (kritis, serius, moderat, minor atau dapat diabaikan), memprediksi probabilitas kejadian, memastikan siapa penanggung jawab dan memitigasi resiko apabila terjadi gangguan yang berpengaruh terhadap anggota, staf CU dan CU sendiri.



CU perlu memastikan penyediaan layanan kepada anggota credit union tidak terputus, bahkan ketika terjadi gangguan atau dalam masa-masa sulit seperti pandemi Covid 19, bencana alam, banjir, kebakaran.  BCP sebagai upaya perencanaan kesinambungan credit union dalam bentuk dokumen tertulis yang memandu bagaimana Credit Union dapat mencegah dan memulihkan bencana sekaligus meminimalkan risiko yang terkait dengan waktu henti operasional.

“CU Betang Asi segera membentuk tim BCP dan akan melaksanakan BCP utk keberlanjutan CU Betang Asi, agar sedini mungkin mengetahui probabilitas risiko yang ada dan segera melakukan mitigasi risiko baik yg dihadapi secara internal dan eksternal,” kata Rita Sarlawa selaku Ketua Pengurus Koperasi CU Betang Asi sebagai tindak lanjut dari kegiatan
BAGIKAN

Mulailah sekarang dengan simulasi kredit.

Sebagai perhitungan angsuran kredit Anda.